MANFAAT dan KHASIAT IKAN TUNA

Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna cukup banyak bagi kehidupan kita. Ikan tuna sudah cukup terkenal sebagai kaya akan kandungan Omega  3,  vitamin protein, dan mineral. Ikan Tuna juga memiliki rasa yang lezat dan bergizi diamping juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol dalam tubuh kita.

Makanan Mengandung OMEGA  3

Omega  3 merupakan lemak yang baik bagi tubuh kita. Omega  3 adalah sejenis asam lemak esensial yakni lemak yang dibutuhkan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Kandungan inilah yang membuat Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna sangat baik untuk tubuh.

Kandungan Omega  3 dalam Ikan Tuna 28x lebih banyak dari Ikan Tawar. Dalam Penelitian menunjukkan Omega  3 dalam Ikan Tuna cukup besar. Omega  3 ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, meringankan rasa sakit radang sendi, mengurangi komplikasi asma dan sangat penting dalam pertumbuhan dan tumbuh kembang anak . Oleh karenanya dalam banyak sponsor produk anak susu mengandung lemak jenis ini. Omega  3 juga memiliki kemampuan untuk mengatur dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta juga dapat meningkatkan rasio kolesterol baik dan buruk.

Ikan Kaya Protein

Dilihat dari komposisi gizinya, Ikan tuna adalah ikan Kaya protein yang mempunyai nilai gizi yang sangat luar biasa. Dalam kaitannya dengan Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna, Kadar protein dalam ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur yang selama ini kita kenal sebagai sumber protein utama. Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 g dan 13 g. Jadi bisa kita bandingkan Ikan Tuna memiliki Kadar Protein yang kaya dibandingkan telur.

Kandungan Mineral Ikan Tuna

Kandungan Mineral Ikan Tuna adalah banyak. Di dalamnya terdapat berbagai mineral penting yang penting bagi tubuh. Iodium pada Ikan Tuna sangat berperan penting untuk mencegah penyakit gondok dan meningkatkan kecerdasan anak. Kandungan iodium pada ikan tuna mencapai 28x kandungan iodium pada ikan air tawar. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan selenium.

Dengan mengkonsumsi 100 gram ikan tuna saja, kita sudah cukup untuk memenuhi 52,9 % kebutuhan tubuh akan selenium. Selenium punya peran cukup penting di dalam tubuh kita, yakni seperti untuk mengaktifkan enzim antioksidan glutathione peroxidase yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab berbagai jenis kanker.

Kaya Vitamin Ikan

Vitamin Ikan Tuna cukup banyak, seperti contohnya vitamin A, B6 dan Asam Folat. Vitamin A sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel, meningkatkan imunitas, pertumbuhan, penglihatan, dan reproduksi pada tubuh. Kandungan vitamin B6 pada Ikan tuna sangat bagus karena mempunyai nutrient density yang cukup tinggi, yakni mencapai 6,7 (batas kategori sangat bagus adalah 3,4-6,7) menurut “World’s Health Rating dari The George Mateljan Foundation”.

Vitamin B6 bersama asam folat juga mampu menurunkan level homosistein. Homosistein adalah komponen produk antara yang diproduksi selama proses metilasi. Homostein tersebut sangat berbahaya bagi pembuluh arteri dan sangat potensial menyebabkan terjadinya penyakit pada jantung. Meskipun ikan tuna mengandung kolesterol, kadarnya yang cukup rendah dibandingkan dengan pangan hewani lainnya. Kadar kolesterol pada ikan tuna 38 sampai 45 mg per 100 gram daging. Ini menggambarkan bahwa Ikan Tuna cukup sehat dikonsumsi tubuh kita.

Penangkal Kanker Payudara

Dalam Manfaat dan Khasiat Ikan tuna juga cukup baik untuk mencegah kanker payudara. Hal tersebut disebabkan kandungan Omega  3 pada Ikan tuna dapat menghambat enzim proinflammatory yang disebut cyclooxygenase 2 (COX 2) yang merupakan enzim pendukung terjadinya kanker payudara. Omega  3 juga dapat mengaktifkan reseptor pada membran sel yang biasa disebut peroxisome proliferator-activated receptor (PPAR), yang bisa menangkap aktivitas sel penyebab kanker payudara. Selain itu, Omega  3 juga dapat memperbaiki DNA.

Makanan Pencegah Stroke

Selain hal diatas tadi Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna adalah pada Kandungan gizi yang tinggi membuat tuna sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya sebagai makan pencegah stroke. Sebuah studi yang pernah dilakukan selama 15 tahun menunjukkan bahwa konsumsi ikan tuna 2-4 kali setiap minggu, dapat mengurangi 27 % akan resiko terjadinya penyakit sroke daripada yang hanya mengkonsumsi 1 kali dalam sebulan. Sedangkan Konsumsi 5 kali atau lebih dalam setiap minggunya dapat mengurangi penyakit stroke hingga 52 persen. Di lain hal, Konsumsi Ikan tuna 13x/bulan dapat mengurangi resiko tubuh dari stroke yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak atau biasa disebut “ischemic stroke”.

Pencegah Obesitas

Dalam Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada “6th Congress of The International Society for the Study of Fatty Acids and Lipid” pada bulan Desember tahun 2004 yang lalu membuktikan bahwa ikan tuna dapat mencegah obesitas serta sangat baik untuk penderita diabetes melitus tipe 2. Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna ini disebabkan kandungan EPA (eicosapentaenoic acid) yang tinggi pada ikan tuna dapat menstimulasi hormon leptin, yaitu sebuah hormon yang membantu meregulasi asupan makanan. Dengan regulasi tersebut, tubuh akan terhindar dari konsumsi makanan secara berlebihan, penyebab obesitas. Semoga Tuisan ini dapat membantu anda untuk mengetahui lebih jauh Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna.

Produk Kerupuk-Krupuk, Abon Olahan Ikan Tuna search terms:

  • manfaat ikan tuna
  • ikan tuna untuk bayi
  • manfaat ikan tuna untuk bayi
  • kandungan gizi ikan tuna
  • kasiat ikan tuna
  • kandungan ikan tuna
  • khasiat tuna
  • ikan tuna buat bayi
  • manfaat daging tunah mentah
  • ikan tuna baik kah untuk anak
  • ikan tuna bagus buat bayi
  • manfaat telur ikan tuna
  • kebaikan tuna
  • komposisi tahu tuna
  • makan ikan tuna untuk bayi
Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>